Band-Band Indonesia dengan nama asal

[imagetag]

Nama adalah sebuah identitas, sama halnya dengan sebuah band. Setiap nama memiliki sebuah arti tersendiri bagi para musisi tersebut.

Selain agar mudah dikenal orang, nama juga menjadi penentu keberuntungan band ini. Selain itu nama disesuaikan dengan genre yang dianut. 

Akan sangat lucu sekali jika sebuah band pop memakai nama yang menyeramkan seperti band metal.
Namun ada juga nama unik dan sedikit aneh.

Di Indonesia banyak sekali nama-nama band yang cukup aneh. Meski begitu mereka banyak memiliki penggemar dan menjadi idola atau legenda. Siapa saja sih mereka?

1. The Changcuters
[imagetag]
Dari segi namanya yang mengundang tawa membuat band ini cepat dikenal oleh orang. Selain itu perform dan dress code seragam yang dipakai saat manggung menjadi ikon tersendiri bagi band asal Bandung ini..

The Changcuters sukses menunjukkan imej mereka sebagai band yang paling unik dari segi nama dan penampilan.

Tak ada alasan khusus bagi lima pemuda ini dalam menamakan bandnya

Mereka mengambil nama lokal yang di Inggriskan namun tak kelihatan norak atau kampungan.

2. Orkes Moral Pancaran Sinar Petromaks
[imagetag]

Nama yang cukup aneh untuk sebuah grup band yang populer pada tahun 1970-an. 

Dengan mengusung musik dangdut humor, grup yang namanya biasa disingkat OM PSP ini tampil dari panggung ke panggung, terutama di kalangan mahasiswa.

Grup ini juga pernah didaulat menjadi pengiring Warkop pada masa jayanya. Pelopor dangdut humor ini juga pernah tampil di sebuah film pada tahun 80-an. 

Selain gemar memarodikan lagu dangdut pada saat itu, OM PSP juga menciptakan lagu sendiri seperti Fatimeh dan Drakula yang melegenda ini.

3. Orkes Moral Pengantar Minum Racun
[imagetag]

Setelah OM PSP pada tahun 1980-an muncul juga grup dangdut yang biasa disingkat OM PMR. Salah satu ciri khas dari grup ini adalah vokalis sekaligus pimpinannya, Johnny Iskandar yang selalu tampil nyentrik dengan rambut keriting mullet dan kacamata hitam berantai.

Pemilihan nama yang unik membuat grup ini cepat dikenal oleh masyarakat. Selam karirnya OM PMR memiliki single yang terkenal seperti Judul-Judulan dan Jamilah.

4. Orkes Pemuda Harapan Bangsa
[imagetag]

Kejayaan dangdut humor ternyata belum pudar dan melahirkan penerus baru. Grup yang biasa dikenal dengan nama PHB ini terbentuk pada tahun 1996 di sebuah kampus Seni Rupa di Bandung.

Grup ini telah merilis album dengan single-single yang sudah familiar di kalangan penggemarnya seperti KTP Babe Gue, Mahasiswa Rantau dan masih banyak lagi.

PHB meneruskan kejayaan PSP yang tampil paling sering di kalangan mahasiswa. Liriknya yang sederhana dan sangat dekat dengan kehidupan mahasiswa kalangan menengah ke bawah membuat PHB cepat dikenal.

5. Kangen Band
[imagetag]

Merebaknya musik pop melayu membuat banyak band baru bermunculan. Band satu ini sukses dan dikenal oleh banyak orang lewat namanya.

Meski dinilai namanya terlalu kampungan, namun Kangen Band berhasil menunjukkan identitasnya. Tak sedikit yang mencaci band ini, akan tetapi cacian ini justru melambungkan namanya.

Saat ini Kangen Band mengganti formasinya setelah keluarnya sang biduan, Andika dari band. 

6. Kuburan Band atau The Kubs
[imagetag]

Kuburan Band, namanya yang menyeramkan untuk sebuah band terlebih dengan pengusung genre pop rock. Aroma horor itu semakin bertambah dengan dandanan personel yang menyeramkan.

Namun hal itu terbalik total karena musik dan tingkah lakunya jauh dari kesan horor. Band yang melejit lewat single Lupa-Lupa tapi Ingat ini telah mengganti nama menjadi The Kubs yang merupakan singkatan dari Kuburan. 

7. Hijau Daun
[imagetag]

Sepertinya band satu ini terkenang dengan pelajaran Biografi terutama di bagian tumbuh-tumbuhan. Band asal Lampung ini memilih nama Hijau Daun untuk bandnya.

Meski namanya unik, namun Hijau Daun bukanlah band pemalas.

mereka telah mengeluarkan single yang seperti, Ikuti Cahaya dan Suara (Berharap) yang mendapat respon yang bagus.

Berbagai penghargaan telah mereka sabet bahkan penjualan yang sukses membuat Hijau Daun memperoleh Platinum sebanyak 6 kali.

8. Endank Soekamti
[imagetag]

Mengenai asal usul nama, trio pop punk asal Jogjakarta ini mengaku jika nama tersebut diambil dari 2 perempuan yang berpengaruh dalam kehidupan mereka. 

Selain itu mereka juga menjelaskan jika nama tersebut merupakan plesetan dari kalimat enak sekali.
Tak hanya nama band saja yang aneh, nama untuk fans juga sama halnya. 
Mereka mempunyai fanbase bernama Kamtis Family.

9. Asbak Band
[imagetag]

Entah kehabisan nama atau entah ada filosofis tersendiri nama band ini sangat aneh. Mereka memakai nama asbak yang selalu menjadi wadah abu rokok untuk sebuah band.

Meski dengan nama aneh, Asbak Band aktif tampil di berbagai festival pada saat itu. 

Sering mengikuti festival membuat Asbak Band terasah dan akhirnya kesampaian dalam membuat debut album pada tahu 2008 berjudul Membuatmu Cinta Padaku. 

Sayangnya setelah album ini nama Asbak Band kembali meredup dan kabar terakhir mereka mengganti personel dan genre musik menjadi alternatif rock.

10. Kadal Band
[imagetag]

Entah apa dibenak mereka dengan menamakan band mereka dengan hewan reptil yaitu Kadal. Meski nama band ini cukup asing, namun mereka cukup terkenal di jejaring sosial.

Kadal sendiri merupakan singkatan dari Kami Anak Desa Asal Lampung.

Band melayu asal Lampung ini telah memiliki single berjudul Cinta tak Direstui yang mendapat respon dari penggemarnya.

Lagu ini lah yang membuat nama band ini dikenal bukan karena namanya yang aneh.

PASANG IKLAN ANDA DI SINI
Artikel Menarik Lainnya
Copyright © 2012-2099 Portal Informasi | Wartainfo